Talkshow Pemuda Kalbar Inspiratif Dan Launching Gerakan Pemuda Pakai Masker

Meliamus Acil
22/10/2020, 10/22/2020 WIB Last Updated 2020-10-22T08:04:52Z
Suara Tribun, Pontianak - Asisten III Administrasi dan Umum  Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Sekundus mewakili Gubernur Kalbar membuka Kegiatan Talkshow Pemuda Kalbar Inspiratif Tahun 2020 secara virtual di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar. Kamis (22/10/2020)

Kegiatan Talkshow Pemuda Kalbar Inspiratif Tahun 2020 secara virtual diikuti oleh 1000 orang pemuda dari Kabupaten/Kota Se Kalbar yang terhubung secara virtual, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan acara Launching Gerakan Pemuda Pakai Masker se Kalbar dan pelatihan pengembangan peran serta pemuda  sebagai wirausaha muda, dimana setelah mengikuti talkshow ini para pemuda akan bergerak membagikan masker kepada masyarakat. Pada kegiatan ini juga menampilkan Flas Mob Wonderfull Disporapar oleh pemuda pemudi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Gubernur Kalbar mengatakan, peranan pemuda dalam pembangunan Bangsa Indonesia cukup besar, baik di bidang sosial budaya maupun ekonomi, untuk itu perlu ditumbuh kembangkan jiwa dan semangat wirausaha di kalangan pemuda. 

"Peran nyata pemuda sebagai penggerak ekonomi sangat diharapkan untuk menopang keberlangsungan ekonomi bangsa," harapnya. 


Dikatakannya, pemuda juga memiliki kelebihan yaitu mampu berpikir diluar kebiasaan atau disebut juga out of the box, dengan adanya kemampuan tersebut pemuda dapat berpikir secara kreatif dan mampu mengembangkan sesuatu menjadi lebih bernilai.

Akan tetapi fakta menunjukkan bahwa masih banyak kendala yang dihadapi terkait dengan pembinaan kepada pemuda, baik yang berasal dari eksternal pemuda berupa kurangnya pembinaan kewirausahaan dan internal pemuda yaitu kurangnya motivasi dalam mengembangkan diri sehingga peningkatan mental wirausaha, pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam berwirausaha tidak tercapai maksimal.

Pada hakekatnya penanganan kemandirian pemuda adalah merupakan bagian dari upaya peningkatan harkat dan martabat Bangsa Indonesia sehingga mampu bersaing dengan bangsa lain. 



"Pemerintah senantiasa berupaya untuk mengentaskan rakyatnya dari kemiskinan, dimana salah satu program pemerintah saat ini untuk menanggulangi masalah kemiskinan dan pengangguran," ujar Asisten III Administrasi dan Umum Setda Prov. Kalbar.

Mengingat peran ekonomi kreatif yang semakin meningkat bagi perekonomian suatu wilayah, terutama terhadap pengembangan ekonomi berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pemuda memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM yang berkembang saat ini banyak ditopang pemuda, maka tidaklah heran jika semakin banyak kota yang menjadikan ekonomi kreatif sebagai ujung tombak dan katalisator pengembangan daerahnya. Kemudian paradigma baru dalam pembinaan kepemudaan adalah pemuda diarahkan untuk menjadi manusia yang produktif yang mempunyai masa depan yang jelas dan terarah. (Hms).
Komentar

Tampilkan

  • Talkshow Pemuda Kalbar Inspiratif Dan Launching Gerakan Pemuda Pakai Masker
  • 0

Terkini