The Verge Memilih 8 Laptop Gaming Terbaik Tahun 2022

Gambar: Lenovo
Unggulan dari Asus, MSI, Razer, dan Lenovo semuanya telah lulus pengujian editorial. Beberapa dari mereka sudah dapat dibeli di Indonesia.

Peninjau portal resmi The Verge telah mengumpulkan peringkat mereka untuk laptop gaming terbaik tahun ini. Daftar ini mencakup model besar dengan kartu grafis yang kuat dan layar yang keren, serta opsi dengan bodi yang relatif ringkas yang memungkinkan Anda membawa laptop. Secara umum, ada pilihan untuk setiap selera, dan ada delapan total. 

1. Asus ROG Zephyrus G15

Gambar: Asus
Penulis peringkat percaya bahwa laptop ini adalah perangkat yang ideal untuk para gamer. Muncul dengan chip AMD dan grafis Nvidia dan menunjukkan kinerja yang mengesankan di game AAA saat ini. Laptop ini dilengkapi dengan layar QHD 15,6 inci dengan resolusi 2560 × 1440 piksel, kecepatan refresh 165 Hz, dan reproduksi warna yang sangat baik.

Di antara keunggulan lainnya: enam speaker dengan bass yang kuat, keyboard yang menyenangkan, touchpad yang nyaman, dan baterai yang besar untuk lebih dari 8 jam pengoperasian tanpa pengisian ulang. Di antara kekurangannya adalah tidak adanya webcam, namun meski begitu, ROG Zephyrus G15 layak menyandang predikat salah satu laptop terbaik saat ini.

Harga di AS sesuai - mulai dari 1.999 dolar atau di Rupiahkan sekitar Rp29 Juta. Masih sulit menemukannya di Indonesia.

2. Asus ROG Zephyrus G14

Gambar: Asus
Dari nama perangkatnya, Anda bisa menebak bahwa ini pada dasarnya adalah versi G15 yang lebih kecil. Redaksi The Verge secara khusus menyoroti modifikasi dengan prosesor grafis AMD Radeon RX 6700S, yang dapat mengklaim gelar sebagai solusi terbaik dalam kategori laptop 14 inci.

Karena layarnya yang kecil, laptop ini memiliki bodi yang sangat ringkas. Ketebalannya hanya 1,85 cm dengan berat 1,7 kg. Penulis juga mencatat keyboard dan touchpad yang ergonomis, satu set konektor yang layak, webcam, masa pakai baterai yang baik, dan nilai uang yang sangat baik.

Perangkat ini berharga mulai dari 1.650 dolar atau di Rupiahkan sekitar Rp 24Juta.. Di negara kami, hanya model seri sebelumnya yang dijual .

3. Razer Blade Pro 17

Gambar: Razer
Blade 17 menghadirkan beberapa kinerja gaming terbaik di laptop, tetapi nilai jual utamanya adalah kombinasi antara daya tinggi dan kekompakan yang luar biasa di segmennya. Memiliki layar 17 inci dan bodi dengan ketebalan kurang dari 2 cm, serta charger mini yang terdiri dari satu unit dengan kabel, menjadikannya solusi yang cukup mobile bahkan untuk transportasi sehari-hari.

Laptop ini dilengkapi dengan matriks QHD berkualitas tinggi dengan kecepatan refresh 240 Hz, serta keyboard yang dapat disesuaikan dengan lampu latar RGB lembut untuk setiap tombol - bergaya dan tidak terlalu megah bahkan untuk kantor.

Terlepas dari harga laptop yang tinggi (mulai $4.300, Rp63 juta lebih), The Verge yakin bahwa pembelian tersebut akan sepenuhnya dibenarkan. Model ini tidak dapat ditemukan di ritel Indonesia.

4. Lenovo Legion 5 Pro

Gambar: Lenovo
Legion 5 Pro adalah laptop gaming terbaik yang pernah dibuat Lenovo. Dengan harga $1.500, prosesor ini memberikan kinerja luar biasa dari prosesor AMD Ryzen 5000 dalam paket yang ramping. Isian yang bertenaga memberikan hasil yang lumayan di setiap game yang dicoba dijalankan di edisi The Verge.

Layar 16 inci dengan rasio aspek 16:10 khusus memungkinkan Anda menggunakan Legion 5 Pro termasuk untuk bekerja. Panel tersebut memiliki resolusi 2560 × 1600 piksel dan frekuensi 165 Hz. Yang juga dipuji adalah keyboard dengan key travel 1,5mm dan lampu latar empat zona yang dapat diprogram. Hanya ada satu minus, tetapi yang serius: masa pakai baterai yang singkat, hanya 4,5 jam.

Harga di AS mulai dari 1.480 dolar (Rp 22 Juta).  .

5. MSI GE76 Raider

Gambar: MSI
Laptop ini dirancang hanya untuk bermain game - cukup besar dan berat, dengan masa pakai baterai yang sederhana, tetapi kinerja yang sangat baik dan serangkaian konfigurasi yang besar untuk setiap selera dan anggaran. Editornya merekomendasikannya sebagai solusi hebat untuk rumah, ketika Anda tidak perlu terus-menerus membawa laptop ke suatu tempat.

Model QHD tersedia, yang direkomendasikan The Verge, tetapi versi 1080p 360Hz juga tersedia. Sedangkan untuk isian, Anda dapat memilih dari chip Intel generasi ke-11 dan ke-12 dengan kartu grafis GeForce RTX 3080 Ti yang kuat. Salah satu fitur yang menarik adalah lampu latar bergaya di bagian depan kasing.

Harga masalah di AS adalah dari 2.599 dolar ( sekitar Rp 38 Juta).

6. Asus ROG Strix G15 Advantage Edition

Gambar: Asus
Ini adalah salah satu dari sedikit laptop gaming yang menyertakan prosesor dan grafis AMD. Dan duo ini memberikan kinerja gaming yang setara dengan penawaran Nvidia terbaik. Ini juga memiliki daya tahan baterai yang sangat baik - laptop mampu mempertahankan frame rate tinggi di Red Dead Redemption 2 selama lebih dari satu jam tanpa pengisi daya yang terhubung.

Tanpa game, ROG Strix G15 Advantage Edition bertahan lebih dari 9 jam, yang menempatkannya di antara pemegang rekor di kelasnya. Dan itu sangat mengesankan karena memberi daya pada satu ton LED terang, termasuk keyboard dengan lampu latar RGB per tombol dan bilah lampu warna-warni di sekitar tepi depan.

Harganya relatif rendah - dari 1.400 dolar (setara sekitar Rp 20 juta), yang berubah menjadi Rp 48 Juta lebih di luar negeri, salahsatunya di rusia.

7. Razer Blade 14

Gambar: Razer
Ini hanyalah laptop gaming terbaik dengan layar 14 inci yang cukup mampu bersaing dengan rekan-rekan 15 inci. Ini memiliki tubuh yang tipis dan pada saat yang sama isian unggulan - RTX 3070 atau RTX 3080 dipasangkan dengan chip AMD delapan inti yang kuat.

Layar dengan matriks QHD dan kecepatan refresh 165 Hz. Verge juga memuji keyboard RGB yang bergaya dan pilihan port yang baik, termasuk HDMI 2.1 dan dua USB-C.

Blade 14 akan berharga sekitar $2.000 (Sekitar Rp 29,7 juta. Di Indonesia, itu dapat dibeli dinegara luar harga naik menjadi 65,9 Juta Rupiah .

8. MSI GS77 Stealth

Gambar: MSI
Jika Anda menyukai tampilan RGB besar seperti GE76 Raider tetapi tidak menyukai harga tinggi dan sasis yang tebal, lihat GS76 Stealth yang lebih praktis. Ini adalah model 17 inci dengan Intel Core i9 generasi ke-12 dan kartu GeForce RTX 3070 Ti.

Meskipun GS76 Stealth tidak mengemas daya sebanyak perangkat terbaik di pasaran, GS76 Stealth masih mampu menjalankan sebagian besar game modern dengan kecepatan bingkai yang layak - bahkan jika Anda memilih opsi tampilan QHD. Itu tidak memiliki lampu latar casing - hanya keyboard, yang dapat menjadi nilai tambah bagi mereka yang menginginkan laptop tersembunyi untuk kantor.

Harganya $3.999 (sekitar Rp 59,6 Juta).

Oleh: Yakop
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini