Tingginya Intensitas Curah Hujan, Dua Rumah Warga Di Mentukak Nyaris Ambruk


Fhoto : Kondisi tanah longsor di Desa Mentukak, Kecamatan Nanga Taman (BorneoSekadau/TRC BPBD Sekadau)

Sekadau, Kalbar - Cuaca ekstrem di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah longsor di Desa Mentukak, Kecamatan Nanga Taman pada Selasa (1/11/2022) sekira pukul 17.00 Wib.

Pantauan media dilapangan berdasarkan informasi dari warga sekitar lokasi longsor di bantaran sungai sekadau RT 04 Dusun Kampung Kalak, Desa Nanga Mentukak, Kecamatan Nanga Taman.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi saat dikonfirmasi mengatakan peristiwa tanah longsor terjadi akibat tingginya curah hujan di wilayah Desa Mentukak. 
Fhoto : Pergeseran tanah akibat longsor (BorneoSekadau/Tim TRC BPBD Sekadau)

"Tingginya curah hujan yang terjadi sehingga tanah longsor. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil dalam peristiwa tersebut," Ujar Ahmad Suryadi, Kamis (3/11/2022).

Ia juga mengatakan, Kepala Desa Pantak bersama masyarakat setempat telah membersihkan tanah longsor tersebut. 
Lanjut Akhmad Suryadi, setibanya Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sekadau di lokasi tanah longsor sudah dibersihkan warga, aliran sungai pun sudah bisa mengalir dan banjir seketika surut.

"Kondisi sekarang di lokasi tanah longsor, hujan dengan intensitas sedang. Warga yang terdampak 2 unit rumah kondisi miring akibat pergeseran tanah telah kami imbau untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca ekstrim dan bila terjadi bencana untuk menghubungi kontak bencana HP : +6281254911797," Tukas Akhmad Suryadi.

Ahmad juga menghimbau kepada warga dan pengendara yang akan melintas di lokasi untuk berhati-hati karena separuh badan jalan juga longsor dan telah dipasang pengaman sementara dengan pagar kayu dan bambu.

Reporter : Mus

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini