Rakor Linsek Operasi Terpusat Lilin Kapuas: Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Kepolisian Resor Sekadau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Terpusat Lilin Kapuas 2022 dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Kepolisian Resor Sekadau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Terpusat Lilin Kapuas 2022 dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.
Sekadau - Kepolisian Resor Sekadau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Terpusat Lilin Kapuas 2022 dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Aula Mapolres, Rabu (21/12/2022).

Mewakili Kapolres Sekadau, Kabag Ops Polres AKP Oloan Sihombing mengatakan pelaksanaan kegiatan seluruh Indonesia operasi terpusat Lilin Kapuas 2022 dari 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.

"Jadi kita gelar Rakor dalam rangka meminta dukungan dan kesiapan dari sejumlah sektor dan stakeholder untuk menyamakan persepsi untuk memberikan pelayanan masyakarat yang akan melaksanakan perayaan natal dan menyambut tahun baru,"katanya.
Kepolisian Resor Sekadau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Terpusat Lilin Kapuas 2022 dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Kepolisian Resor Sekadau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Terpusat Lilin Kapuas 2022 dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kabag Ops memaparkan, dalam operasi Lilin Kapuas 2022 untuk kerawanan diantaranya saat ini berpotensi terjadi bencana alam karena faktor cuaca.

"Kerawanan lain yang perlu diantisipasi bersama terjadi kemacetan lalulintas, kecelakaan lalulintas," ujarnya.

Kabag Ops juga menegaskan, untuk sasaran dalam pengamanan dalam operasi Lilin Kapuas diantaranya orang atau umat kristiani yang akan melaksanakan misa natal baik di gereja atau tempat lainnya, pedagang di pasar, masyarakat yang melakukan mudik dan balik.

"Kemudian kita juga antisipasi ancaman pelaku terorisme yang tidak bisa dianggap remeh. Masyarakat pembuat petasan, penyebar berita bohong dan provokatif dan kegiatan lain yang perlu pengamanan," ungkapnya.

Polres Sekadau menyiapkan Pos Pengamanan ditempatkan di Simpang Kayu Lapis dan di desa Peniti. kemudian Pos pelayanan di Pos Lantas.

"Kami minta kepada instansi terkait untuk bersama dalam memberikan pelayanan di pos yang sudah ada,"ujarnya.

Mewakili Bupati Sekadau, Kepala Dinas Perhubungan Sekadau, Suhardi sangat mendukung kegiatan rutin setiap tahun. 

"Semenjak pandemi Covid-19 kegiatan kita terbatas. Namun nilai kegiatan keagamaan. Tetap dilaksanakan. Atas nama pemerintah kabupaten mendukung dan kesiapan lintas sektor,"ungkapnya.

*RAPI Gelar Bankom*

Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 13 Kabupaten Sekadau, Kundori (JZ21LKD) saat menghadiri rakor mengatakan, RAPI siap menggelar Bantuan Komunikasi (Bankom) dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami secara nasional dan rutin setiap tahun juga menggelar Bankom Nataru. Untuk RAPI Sekadau petugas Bankom sudah kami SK-kan akan turun membantu Bankom yang bergabung aparat keamanan dan pihak terkait," kata Kundori didampingi Kadarto (JZ21ALQ) selalu bendahara.

Bankom RAPI dalam Nataru menggunakan Frekuensi 143.500 Mhz dengan Posko Bankom selain di Sekretariat RAPI di Jalan Merdeka Timur Km 3 Penanjung, juga akan bergabung di Pos Pelayanan Polres Sekadau.

"Petugas Bankom akan terjun ke titik-titik penahanan bersama aparat terkait, termasuk di Gereja, Pasar dan titik lainnya," ujarnya.

Penulis: Tim Liputan
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini