Inilah Tata Cara Tingkatkan Kualitas Para Anggota AJI Kota Palembang

Inilah Tata Cara Tingkatkan Kualitas Para Anggota AJI Kota palembang
Dalam lingkup kecil saja, seperti menyambungkan WiFi di tempat umum pun dinilai bisa membocorkan data pribadi. (Inidata.id/AJI Palembang)

Inilah Tata Cara Tingkatkan Kualitas Para Anggota AJI Kota Palembang

Sekadau.com – Inilah tata cara meningkatkan kualitas para anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palembang, Divisi Organisasi dan Pendidikan menggelar pelatihan digital security yang dilaksanakan di Sekretariat AJI Palembang, Sumatera Selatan Sabtu (25/3/2023).

Bacaan Lainnya

Ketua AJI Palembang Fajar Wiko berkata, kegiatan digital security yang memang sudah diagendakan tersebut, bertujuan untuk mengedukasi anggota dan meningkatkan antisipasi ancaman dalam lingkup kerja jurnalis.

“Ini adalah upaya kita dalam meningkatkan kualitas anggota AJI Palembang untuk mengantisipasi ancaman kerja jurnalis. Dan juga tindak lanjut dari pelatihan yang dilakukan AJI Indonesia sebelumnya,” kata Fajar Wiko dalam keterangannya hari ini. Pelatihan digital security tidak hanya diperuntukkan bagi anggota AJI Palembang saja. Tapi akan dilanjutkan ke organisasi jurnalis lainnya di Sumatera Selatan.

Dengan menggelar pelatihan digital security berskala besar, diharapkan menjadi langkah awal untuk meningkatkan kapasitas para jurnalis di Sumsel untuk meminimalisir serangan cyber yang rentan terjadi.

Mitigasi Serangan Digital

Pengampu materi digital security sekaligus Anggota Bidang Organisasi dan Pendidikan AJI Palembang Mita Rosnita menyampaikan sejumlah materi terkait mitigasi serangan digital.

Seperti pengelolaan identitas pribadi, keamanan perangkat, manajemen identitas dan pengelolaan persandian yang disampaikan ke belasan peserta digital security yang hadir.

“Peserta digital security diberikan materi yang berkaitan dengan keamanan digital, khususnya pada akun dan perangkat pribadi. Ke depannya, mereka dapat mengaplikasikan apa yang diterima dalam aktivitas sehari-hari,” kata Mita Rosnita.

Peserta digital security juga mendapatkan materi bagaimana memilih sejumlah aplikasi dan tools, yang dinilai aman dalam memitigasi kejahatan digital bagi para jurnalis.

“Kita juga memberikan informasi kepada peserta untuk lebih bijak dalam menggunakan sejumlah aplikasi yang dinilai rentan dengan menggunakan aplikasi keamanan,” kata Mita Rosnita.

Kehidupan Sehari-Hari

Peserta pelatihan digital security Yuni Rahmawati menuturkan, materi yang disampaikan terkait mitigasi keamanan digital tersebut, merupakan hal yang sangat penting diketahui oleh jurnalis, bahkan orang awam sekalipun.

“Materi digital security ini sangat berguna sekali dalam kehidupan sehari-hari. Dalam lingkup kecil saja, seperti menyambungkan WiFi di tempat umum pun dinilai bisa membocorkan data pribadi kita,” kata Yuni Rahmawati.

Dia berharap, apa yang telah disampaikan oleh pemateri digital security pada hari ini bisa juga meluas dan diketahui oleh orang banyak, sehingga bisa meminimalisir kejahatan digital di tengah rakyat.

“Semoga AJI Palembang lebih gencar juga menyampaikan hal-hal penting seperti digital security ini, sehingga kita bisa sama-sama paham,” kata Yuni Rahmawati.

Inilah Tata Cara Tingkatkan Kualitas Para Anggota AJI Kota palembang
Ketua AJI Palembang Fajar Wiko berkata, kegiatan yang memang sudah diagendakan ini bertujuan untuk mengedukasi anggota dan meningkatkan antisipasi ancaman dalam lingkup kerja jurnalis. (Inidata.id/AJI Palembang)

Artikel ini telah ditayangkan Inidata.id dengan judul “Digital Security: AJI Palembang Gelar Pelatihan Digital Security untuk Mitigasi Kejahatan Cyber“.

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait

Konten berikut adalah iklan platform MGID. Sekadau.com tidak terkait dengan isi konten tersebut.

Tinggalkan Balasan