Wikipedia Rilis Fiktur Terbaru pada Pratinjau Halaman
Klikmania.net

TEKNO, SEKADAU NEWS - Dalam Wikipedia, kita bisa mencari berbagai macam informasi mengenai istilah yang belum diketahui, individu, perusahaan, bahkan sejarah di masa lampau.

Dilansir dari klikmania.net, memang Wikipedia adalah situs rujukan yang digunakan oleh banyak orang, karena dianggap memiliki keakuratan data dalam menyampaikan berbagai macam informasi.

Tahukah Anda, Wikipedia Tidak Akurat?

Dr. Robert Hasty dari Campbell University menerbitkan studi tentang ketidakakuratan Wikipedia melalui Journal of Osteopathic Association bersama dengan tim peneliti lain.

Dalam studi tersebut, Dr. Robert Hasty dan tim mengungkapkan, ribuan informasi yang ada di Wikipedia tentang dunia medis tidak akurat.

Dalam studi tersebut, ditemukan 90 persen artikel memberikan informasi palsu. Temuan tersebut, tentu membuat Dr. Robert Hasty dan tim khawatir, mengingat artikel-artikel yang ada di Wikipedia dapat mempengaruhi diagnosis dan pengobatan penyakit.

Sebenarnya, kekeliruan Wikipedia dalam memberikan informasi tak hanya terjadi di dunia medis saja, karena di dunia-dunia lain pun juga terjadi, seperti olahraga, dan biografi.

Jadi, solusi terbaik dari permasalahan ini adalah jangan jadikan Wikipedia sebagai satu-satunya situs rujukan. Carilah situs-situs lain sebagai rujukan, sekaligus pembanding agar data-data yang dikumpulkan semakin akurat dan terhindar dari informasi palsu.

Fitur Baru Wikipedia

Sejenak, kita tinggalkan dahulu tentang ketidakakuratan Wikipedia. Sekarang, mari kita membahas mengenai fitur baru Wikipedia yang baru saja dirilis.

Apa fitur baru Wikipedia?


Adalah fitur pratinjau halaman. Fitur pratinjau halaman ini dibuat untuk memudahkan para pembaca agar tidak bolak-balik membuka artikel satu ke artikel yang lain atau membuka banyak tab hanya untuk mendapatkan pemahaman kata atau konsep dalam informasi yang mereka cari.
Wikipedia Rilis Fiktur Terbaru pada Pratinjau Halaman
Gambar: Wikimedia

Jika dulu, kita harus membuka tab baru untuk membaca informasi di tulisan biru (tulisan yang mengandung link), maka untuk saat ini dan seterusnya, kita hanya tinggal mengarahkan mouse ke arah tulisan biru.

Wikimedia Foundation mengatakan, fitur pratinjau halaman ini adalah salah satu perubahan terbesar pada Wikipedia desktop yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir.

Wikimedia juga berharap, kehadiran fitur pratinjau halaman ini, dapat memudahkan pengguna dalam menjelajah dan mempelajari Wikipedia.

Bisa Diaktifkan dan Dinonaktifkan

Sebagian orang ada yang suka dan adapula yang tidak suka dengan kehadiran fitur pratinjau halaman ini. Bagi Anda yang tidak suka dengan fitur pratinjau halaman, bisa menonaktifkannya dengan mudah.

Dan berikut ini cara menonaktifkan fitur pratinjau halaman:

1. Arahkan mouse ke tulisan biru. Setelah itu, silakan klik ikon roda gigi.

2. Pilih Disable, kemudian klik Save.

Lihat:
Wikipedia Rilis Fiktur Terbaru pada Pratinjau Halaman
klikmania.net

Ada cara menonaktikan, maka adapula cara mengaktifkan. Dan berikut adalah cara mengaktifkan kembali fitur pratinjau halaman:

1. Scroll hingga bagian bawah pada artikel Wikipedia yang dibuka.

2. Kemudian, pilih Enable Previews yang terletak di kanan Tampilan Seluler.

Lihat:
Wikipedia Rilis Fiktur Terbaru pada Pratinjau Halaman
klikmania.net

3. Pilih Enable Save, maka fitur pratinjau halaman sudah kembali seperti sedia kala.

Kesimpulan

Itulah tadi, fitur baru Wikipedia yang dapat memudahkan kita dalam mencari atau membaca sebuah informasi. Bagi Anda yang suka, silakan menggunakannya dan bagi Anda yang tidak suka, silakan menonaktifkannya.

Adapun untuk ketidakakuratan Wikipedia, hal tersebut memang benar adanya dan kita memang tidak boleh percaya 100 persen, sebelum mencari rujukan lain.

Jadi, jelas sebuah kesalahan, apabila kita terlalu percaya dengan Wikipedia, karena Wikipedia itu sama seperti situs-situs lain, yaitu dikendalikan oleh manusia yang kadang bisa salah dan kadang bisa benar.

Oleh: Er/Leo Setiawan
Editor: Rentha


Gambar dibawah ini diiklankan oleh CV.Sekadau.com

banner gawai dayak sekadau

 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'