Begini Penjelasan Ketua PKK Sekadau Dalam Kunjungan ke Kebun Binaan PKK Kota Pontianak

Yakop
20/05/2018, 5/20/2018 WIB Last Updated 2018-05-20T11:24:27Z
Begini Penjelasan Ketua PKK Sekadau Dalam Kunjungan ke Kebun Binaan PKK Kota Pontianak
Hartono Humas Pemkab Sekadau

PKK Sekadau kunjungi Kebun Binaan PKK Kota Pontianak


Release Hartono Humas Pemkab SekadauLaporan Wartawan Sekadau News, Mussin

PONTIANAK, SEKADAU NEWS - TP PKK Kabupaten Sekadau Kunjungi kebun binaan TP PKK Kota Pontianak, Sabtu (19/5/2018). Kunjungan tersebut dalam rangka sebagai sarana pembelajaran bagi pengurus PKK Kabupaten Sekadau.

Sementara dalam kunjungan Ketua dan sejumlah pengurus TP PKK Kabupaten Sekadau ini disambut langsung oleh Penjabat Smentara (Pjs) Wali Kota Pontianak Dra. Mahmuda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak Bintoro.

Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Kristina Rupinus menjelaskan adapun tujuan kunjungan yang dilakukan oleh jajaran pengurus PKK Kabupaten Sekadau ke kebun binaan PKK Kota Pontianak ini adalah sebagai sarana pembelejaran bagi pengurus PKK Kabupaten Sekadau dalam mengola, menata, menanam, merawat tanaman sehinga bisa mencapai hasil yang baik dan maksimal.

Dalam kunjungan ini, kita bincang-bincang langsung dengan Pjs. Walikota Pontianak Ibu Dra Mahmudah, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak Bintoro.

"Bincang-bincang seputar masalah kebun binaan milik PKK Kota Pontianak," kata Kristina.

Begini Penjelasan Ketua PKK Sekadau Dalam Kunjungan ke Kebun Binaan PKK Kota Pontianak
Hartono Humas Pemkab Sekadau

PKK Sekadau kunjungi Kebun Binaan PKK Kota Pontianak


PKK Sekadau ingin belajar tentang bagaimana cara mengolah kebun, menata, menanam, merawat tanaman sehingga bisa berhasil.

Seperti kita ketahui, Sekadau juga punya potensi, tanahnya subur dan punya peluang tapi belum bisa kita olah.

Kita tau di Pontianak tanahnya gambut tingkat keasaman tanah begitu tinggi tapi mereka bisa mengolah lahannya dengan baik dan tanamannya subur.

Dari hasil bincang-bincang dengan Ibu Pjs Walikota dan Kadis ketahanan pangan kota Pontianak, ternyata di kota Pontianak kerja sama PKK dengan dinas terkait, kelompok tani, sekolah kejuruannya yang luar biasa.

Begini Penjelasan Ketua PKK Sekadau Dalam Kunjungan ke Kebun Binaan PKK Kota Pontianak
Hartono Humas Pemkab Sekadau

PKK Sekadau kunjungi Kebun Binaan PKK Kota Pontianak


Mudah-mudahan dengan informasi/pengetahuan yang kita dapat nantinya bisa kita realisasikan di tempat kita.

"Dan mohon dukungan juga tentunya dari SKPD terkait di lingkungan Kabupaten Sekadau,” tutur Ibu yang pernah berporfesi tenaga pendidik ini.

Menurut Kristina kebun kolektif binaan PKK Kota Pontianak menjadi kebun percontohan dan menjadi sasaran pembelajaran dari beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat.

Karena mensinergikan seluruh stake holder terkait mulai dari SKPD terkait, TP PKK Kota, TP PKK Kecamatan sampai pada TP PKK Desa dan Kelompok Tani.

Masing-masing mengintervensi kebun tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Misalnya PU membangun infrastruktur berupa rabat beton, pertanian melalui gapoktan turun langsung secara teknis mulai dari menanam dan perawatan dan TP PKK serta stake holder lain nya bekerjasama secara intensif sehingga kebun tersebut berhasil, baik produksi maupun pemasarannya,” paparnya.

Ada banyak hal menarik yang kita jumpai, yang kita dapat selama berkunjungan bersama PKK Kota Pontianak ini.

Semoga pembelajaran yang indah dan luar biasa ini bisa kita aplikasikan secara perlahan-lahan di Kabupaten Sekadau.

"Sekali lagi terima kasih kami ucapkan kepada Pjs. Wali Kota Pontianak dan seluruh jajaran PKK Kota Pontianak yang telah menerima kami dengan ramah kunjungan PKK Kabupaten Sekadau," tutur Ibu yang yang pernah berprofesi sebagai guru ini.

Sebelumnya Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau juga pernah melakukan stady banding (pembelajaran) ke Tim Penggerak PKK Wonosobo Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal 14 s.d 17 September 2017.

Tujuan Kunjungan PKK Kabupaten Sekadau di PKK Wonosobo saat itu yakni ingin bersilaturahmi, belajar, bertukar pikiran, pengalaman dan membuka wawasan untuk pengembangan organisasi PKK secara lebih baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Sekadau khususnya.

Hadir juga dalam kunjungan PKK Sekadau ke Kebun binaa PKK Kota Pontianak, Camat Kecamatan Pontianak Utara , Ketua TP PKK Kota Pontianak dan Tp Pkk Kecamatan serta kepala sekolah kejuruan kota Pontianak Bambang.

Oleh: Mussin
Editor: Yakop
Sumber: Hartono Humas Pemkab Sekadau
Komentar

Tampilkan

  • Begini Penjelasan Ketua PKK Sekadau Dalam Kunjungan ke Kebun Binaan PKK Kota Pontianak
  • 0

Terkini