IPM Kabupaten Sekadau Terus Meningkat Tapi Masih Tetap Urutan 13

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sekadau, Leila Ayu Zanaria. 
Sekadau Kalbar, Sekadaucom - Selama tahun 2011-2020, Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sekadau terus mengalami peningkatan. Demikian dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sekadau, Leila Ayu Zanaria kepada Sekadaucom, bertempat di ruang kerjanya. Senin (4/4/2022). 

Leila Ayu Zanaria mengatakan, selama tahun 2011-2020, (IPM) di Kabupaten Sekadau terus mengalami peningkatan dari 59,76 poin di tahun 2011 menjadi 64,76 poin pada tahun 2020.

"Adanya peningkatan IPM ini menunjukkan bahwa terjadi perbaikan kualitas pembangunan di Kabupaten Sekadau," ujarnya

Leila Ayu Zanaria juga mengatakan, ada 4 faktor yang mempengaruhi kenaikan IPM yakni, angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah dan pendapatan perkapita disesuaikan. 

"Meskipun kita mengalami peningkatan akan tetapi peningkatan kita ini lebih kecil dari peningkatan di Kabupaten lain sehingga belum bisa merubah posisi kita dari angka/urutan 13, Kabupaten Sekadau masuk pada angka 13 dari 14 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Barat," jelasnya

"Harapan kita, dengan adanya fasilitas sekolah seperti Institut, paket A, B dan C di Kabupaten Sekadau dapat membuat masyarakat kita yang tidak tamat sekolah mendapatkan ijazah dan bisa bersekolah lebih tinggi serta kembali ke masyarakat sehingga dapat mendongkrak IPM kita agar menjadi lebih tinggi lagi. Memang, tidak bisa dihitung saat ini akan tetapi dihitung setelah beberapa tahun kedepan yang dihitung pada indikator rata-rata lama sekolah," pungkasnya. (Tim).

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini