Aliansi Pemuda Kalbar Tolak radikalisme
Sf: Ko

Foto: Aliansi Pemuda Kalimantan Barat


PONTIANAK, SEKADAU.COM- Aliansi Pemuda Kalimantan Barat menggelar Aksi Bela Bangsa di Bundaran Digulis Pontianak, Jumat (2/11/2018). Aksi yang mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian ini diikuti sejumlah organisasi kemasyarakatan pemuda diantaranya PMKRI, HMI, KNPI, GMNI, PMII, Hikmahbudhi, GMKI dan Pemuda Pancasila.

Selain itu, turut serta pula organisasi adat seperti DAD, MABM, MABT, IKBM dan KKSS dalam aksi itu.

Koordinator aksi, Srilinus Lino mengatakan Aksi Bela Bangsa merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi kebangsaan. Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara patut dijaga oleh para pemuda.

“Adanya aksi ini merupakan bentuk simpati kita terhadap kondisi kebangsaan hari ini. Dasar negara kita Pancasila. Nilai-nilai Pancasila sudah final sebagai dasar negara. Oleh sebab itu, para pemuda harus ambil bagian dalam menjaganya,” ujarnya saat diwawancarai di sela-sela aksi.

Dalam aksinya, para peserta yang mulai memadati Bundaran Digulis sejak pukul 13.30 WIB ini juga membacakan ikrar kebulatan tekad pemuda Kalimantan Barat. Adapun isi ikrar tersebut sebagai berikut:

1. Kami Pemuda Kalimantan Barat tetap setia terhadap Pancasila dan UUD 1945

2. Kami Pemuda Kalimantan Barat siap mati membela bangsa dan negara Indonesia

3. Kami Pemuda Kalimantan Barat siap berkorban demi kedaulatan bangsa dan negara

4. Kami Pemuda Kalimantan Barat siap menumpas pihak manapun yang berniat mengganti ideologi negara

5. Kami Pemuda Kalimantan Barat menyatakan bahwa Bumi Khatulistiwa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia

Aliansi pemuda ini mengakhiri aksinya dengan menandatangani komitmen untuk bersama-sama menolak segala bentuk radikalisme.

Oleh: er/ft
Editor: yakop
Sb: Kalbaronline
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'