Auto2000 Bagikan Tips Merawat Mobil di Tengah Serangan Hawa Panas

Foto ilustrasi. Auto2000 Bagikan Tips Merawat Mobil di Tengah Serangan Hawa Panas.
Foto ilustrasi. Auto2000 Bagikan Tips Merawat Mobil di Tengah Serangan Hawa Panas.

JAKARTA – Cuaca ekstrem panas belakangan ini telah melanda hampir seluruh wilayah Indonesia selama beberapa hari terakhir.

Dalam kondisi suhu udara yang tinggi seperti ini, performa kendaraan dapat terpengaruh dan bahkan dapat menyebabkan kebakaran jika tidak diatasi dengan baik.

Bacaan Lainnya

Auto2000 telah memberikan sejumlah tips untuk merawat mobil di tengah serangan hawa panas yang sedang terjadi.

Nur Imansyah Tara, Kepala Divisi Bisnis Aftersales Auto2000, mengungkapkan kekhawatirannya bahwa serangan hawa panas dapat mengganggu performa kendaraan, terutama setelah AutoFamily melakukan perjalanan mudik Lebaran yang melelahkan. Oleh karena itu, perhatian yang ekstra perlu diberikan terhadap kondisi komponen mobil agar mobil dapat bertahan dalam suhu udara panas dan mendukung mobilitas pengguna.

Tips pertama yang disarankan adalah memeriksa komponen pendingin mesin. Mesin membutuhkan sistem pendingin yang baik agar dapat beroperasi dengan optimal dan tahan lama.

Jika suhu mesin terlalu tinggi, kinerjanya akan menurun dan bahkan dapat menyebabkan overheat yang berbahaya dan merusak mesin.

Serangan hawa panas membuat suhu lingkungan semakin tinggi, sehingga proses pendinginan mesin menjadi lebih berat, terutama saat terjadi kemacetan di jalan tanpa adanya hembusan udara dingin dari depan.

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk memastikan bahwa sistem pendingin mesin berfungsi dengan baik, termasuk memeriksa volume cairan pendingin, memastikan tidak ada kebocoran, memeriksa keamanan tutup radiator, dan memastikan kipas pendingin berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, periksa kondisi oli mesin. Oli memiliki fungsi untuk menyerap panas dari mesin dan mengeluarkannya ke bak penampungan oli.

Dalam kondisi suhu mesin yang meningkat, komponen mesin akan bekerja lebih keras dan membutuhkan pelumas yang baik.

Oleh karena itu, penting untuk secara teratur mengganti oli mesin untuk memastikan kondisinya selalu optimal.

Pastikan juga AC mobil berfungsi dengan baik. Suhu panas di dalam kabin mobil dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh dan membuat pengemudi menjadi tidak nyaman.

Periksa sistem pendingin kabin mobil dan segera bawa mobil ke bengkel jika kesejukan yang dihasilkan oleh AC menurun.

Selain itu, bersihkan filter kabin secara teratur untuk menjaga udara sirkulasi AC tetap bersih dan mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Selanjutnya, sebaiknya parkir mobil di area yang teduh. Hindari parkir di area terbuka saat siang hari, karena parkir di tempat yang terlindung dari sinar matahari dapat menjaga suhu di dalam kabin mobil tetap rendah.

Paparan langsung sinar matahari juga dapat membuat bodi mobil menjadi kusam dan mempengaruhi bagian dalam kabin mobil. Juga, hindari menyimpan barang-barang yang mudah terbakar di dalam mobil.

Kasus yang pernah terjadi adalah botol air mineral yang meleleh karena terpapar sinar matahari langsung di atas dasbor mobil.

Bahkan, air di dalam botol mineral tersebut dapat berfungsi sebagai lensa yang mengarahkan cahaya panas ke satu titik di dalam mobil, sehingga memicu kebakaran ketika terkena bahan yang mudah terbakar. Terdapat juga kasus korek api atau powerbank yang terbakar akibat terpapar panas yang berkepanjangan.

Periksa juga performa kaca film pada mobil Anda. Kaca film merupakan perangkat yang efektif untuk mengurangi panas sinar matahari yang masuk ke dalam mobil. Jika performa kaca film sudah menurun, kabin mobil akan menjadi tidak nyaman karena suhu yang tinggi.

Pantau juga tekanan udara pada ban mobil. Tekanan udara yang kurang pada ban mobil akan membuat telapak ban yang bersentuhan dengan aspal semakin besar ketika mobil melaju.

Suhu aspal yang tinggi juga dapat mempengaruhi tekanan pada ban dan menyebabkan ban meletus jika ada masalah seperti menghantam lubang.

Terakhir, perhatikan peredam panas di ruang mesin. Selain dari bahan aluminium, terdapat juga peredam panas jenis wool fibre.

Peredam panas ini perlu dipasang dengan baik dan tidak boleh lapuk karena dapat menjadi mudah terbakar. Suhu di dalam ruang mesin sangat tinggi, sehingga peredam panas perlu dalam kondisi yang baik.

Nur Imansyah juga menyarankan untuk segera memesan layanan servis berkala melalui Auto2000 Digiroom di www.auto2000.co.id dan memanfaatkan promo-promo menguntungkan yang ditawarkan.

Dalam cuaca ekstrem panas seperti saat ini, merawat mobil dengan baik dan memperhatikan kondisi-kondisi tersebut dapat membantu menjaga performa kendaraan dan mencegah masalah yang lebih serius di masa depan.

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait

Konten berikut adalah iklan platform MGID. Sekadau.com tidak terkait dengan isi konten tersebut.